DAFTAR
ISI
HALAMAN
DAFTAR
ISI
BAB I FUNGSI ICON DALAM RIBBON MIC.
WORD
1.1. Fungsi Icon pada Tab Home
1.2. Fungsi
Icon pada Tab Insert
1.3. Fungsi Icon pada Tab Page Layout
1.4. Fungsi Icon pada Tab References
1.5 Fungsi Icon pada Tab Mailings
1.6 Fungsi Icon pada Tab Review
1.7 Fungsi Icon pada Tab View
1.3. Fungsi Icon pada Tab Page Layout
1.4. Fungsi Icon pada Tab References
1.5 Fungsi Icon pada Tab Mailings
1.6 Fungsi Icon pada Tab Review
1.7 Fungsi Icon pada Tab View
BAB III KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
FUNGSI
RIBBON DALAM MICROSOFT WORD
Sub Menu Office Button pada Microsoft Office Word 2007
Sub Menu Office Button pada Microsoft Office Word 2007
Office Button
menggantikan menu File pada Microsoft Office versi sebelumnya. Beberapa
fasilitas yang tersedia jika Office Button Word 2007 diklik, antara lain:
FUNGSI MIC. WORD
|
Microsoft
Office Word 2007 (untuk selanjutnya disebut MS. Word saja) merupakan sebuah
program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft
Corporation. MS. Word 2007 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi
sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon
sebagai standar baru dalam menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan klaim
mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi
sebuah standar bagi tampilan menu.
Kembali ke
masalah menu icon, MS. Word 2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam
menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100%
dikuasai Kaum Bar-Bar (Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).
Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
v Tab adalah
sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert,
Page Layout, dll. Ribbon adalah area yang digunakan untuk
menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif. Sedangkan Group adalah
kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi. Jadi,
Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari
beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan
fungsi.
Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area
kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print,
Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file
dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word
Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word
(digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah contohnya.
Nama Icon
|
Keterangan
|
Digunakan untuk membuat file
dokumen kosong baru
|
|
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
|
|
perintah untuk menyimpan file
dokumen aktif
|
|
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam
format tertentu
|
|
digunakan untuk mencetak file
dokumen yang sedang aktif
|
|
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap
file dokumen aktif
|
|
digunakan untuk mengirimkan file
dokumen aktif sebagai email / facsimile
|
|
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website
/ blog / dll
|
|
digunakan untuk menutup file
dokumen aktif
|
|
FUNGSI ICON PADA TAB HOME
|
Tab Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard,
Font, Paragraph, Styles dan editing.
Group Clipboard
Group
Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
ü Paste : untuk menempelkan hasil copy atau
cut.
ü Cut : untuk memotong teks/objek
terpilih.
ü Copy : untuk menggandakan teks/objek
terpilih.
ü Format
Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen
lainnya.
ü * Tombol
panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses
pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
Group Font
v Menu-menu di
Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf.Terdiri dari:
ü Font : untuk
memilih jenis huruf
ü Font Size :
untuk mengatur ukuran huruf
ü Grow Font :
untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
ü Shrink Font
: untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
ü Change Case
: untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
ü Clear
Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
ü Bold : untuk
menebalkan teks terpilih
ü Italic :
untuk memiringkan Teks terpilih
ü Underline :
untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
ü Strikethrough
: memberikan tanda coret padateks terpilih
ü Subscript :
untuk mengetik karakter pemangkatan
ü Superscript
: untuk mengetik karakter pemangkatan
ü Text Effect
: untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
ü Text
Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
ü Font Color :
untuk mengatur warna teks terpilih.
Group Paragraph
v Group
Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk
mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
ü Bullets :
untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
ü Numbering :
untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
ü Decrease
Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
ü Increase
Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
ü Left-to-Right
: untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
ü Right-to-Left
: untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
ü Sort : untuk
menyortir data
ü Show
Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
ü Align Text
Left : untuk mengatur teks rata kiri
ü Center :
untuk mengatur teks rata tengah
ü Align Text
Right : untuk mengatur teks rata kanan
ü Justify :
untuk mengatur teks rata kanan-kiri
ü Line Spacing
: untuk mengatur jarak antar baris teks
ü Shading :
untuk mengatur warna latar teks terpilih
ü Border :
untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
Group Styles
v Group Styles
terdiri dari dua menu. Yaitu:
ü Heading
Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
ü Change
Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraph
Group Editing
v Secara umum
group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
ü Find : untuk
mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
ü Replace :
untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata
tertentu dalam suatu file
ü Select :
digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
FUNGSI ICON PADA TAB INSERT
|
v Tab
Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang
dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols).
Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang
berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum
perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang
memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah: (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5)
Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols.
Fungsi Icon di Group Pages
Cover Page
|
digunakan
untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
|
Blank Page
|
untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu
file dokumen
|
Break Page
|
untuk
memisah suatu halaman file dokumen
|
v Cover
Page dibutuhkan saat user ingin membuat halaman sampul dari suatu file
yang sedang digarap, merupakan fitur teranyar MS. Word yang sudah built-in
sejak MS Word rilisan 2007 yang lalu. User bisa memilih bentuk sampul serta
melakukan setting seperlunya, jadilah halaman sampul yang formal tanpa
mengurangi nilai estetika.
v Sedangkan
Blank Page digunakan untuk membuat halaman kosong baru. Ini
sangat membantu user saat pengelolaan dokumen harus pindah ke halaman baru,
padahal baru setengah halaman yang terisi teks. Jadi user tidak perlu menekan
Enter ratusan kali untuk mendapatkan halaman baru. Ini sesuai dengan visi MS.
Word seabgai aplikasi perkantoran yang simpel, praktis dan efisien.
v Break
Page sangat dibutuhkan terutama saat user ingin memisahkan beberapa
paragraf menjadi dua halaman. sebagai ilustrasi, dalam suatu dokumen teridiri
dari 10 paragraf yang berjejal di satu halaman saja, terus user ingin
menjadikannya sebagai dua halaman, maka user cukup meletakkan kursor di bagian
akhir paragraf yang ingin dijadikan halaman pertama, klik icon Break page. Maka
paragraf sesudah tanda kursor tadi akan berpindah ke halaman berikutnya. Bila
dalam hal ini user menggunakan icon Blank Page, maka antara paragraf sebelum
kursor dan setelahnya akan terpisah dengan satu halaman kosong.
Fungsi Icon di Group Tables
KATA KUNCI
PEMBAHASAN
|
Insert Table…
|
untuk menyisipkan tabel melalui
dialog Insert Table
|
Draw
Table
|
untuk
menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
|
Convert
Text to Table…
|
digunakan untuk
menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
|
Excel Spreadsheet
|
untuk
menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
|
Quick Tables…
|
untuk menyisipkan
tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010
|
v Saat
user meng-klik icon Table, akan muncul flyout yang berisi
perintah-perintah tersebut dengan judul Insert table. Pada pilihan pertama
terdapat built-in tabel. Disini user cukup memilih jumlah tabel dengan
menggerakkan pointer secara diagonal dan diakhiri dengan klik kiri mouse untuk
menerapkan jumlah tabel terpilih. Disini jumlah tabel terbatas dalam 10 tabel.
v Insert
Table… digunakan untuk menyisipkan tabel melalui dialog box. User
perlu menentukan jumlah kolom ke samping di area Number of Columns serta
mengisi kotak Number of Rows untuk menentukan jumlah kotak ke bawahnya. Disini
jumlah tabel maupun kolom tidak dibatasi, jadi user dapat menyisipkan tabel
sepuasnya melalui perintah ini.
v Draw
Table berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan menggambar secara
manual di area dokumen. Saat icon ini di-klik, pointer mouse langsung berupa
menjadi pensil yang dinamis. Drag secara diagonal untuk membuat gambar tabel
berbentuk kotak. Bila di-drag secara diagonal akan membentuk garis lurus namun
tidak melupakan ekstensinya sebagai tabel. Bila user membuat garis ini secara
berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat akan menjadi area dalam suatu
tabel.
v Convert
Text to Table digunakan untuk mengkonversi atau mengubah paragraf
terpilih menjadi berbentuk tabel. Disini program berjalan secara stereotip.
Program hanya melihat adanya jejak tombol Tab dan Enter di keyboard. Bila hanya
ada dua paragraf yang terseleksi maka hasilnya hanya ada dua kotak atas-bawah.
Apabila teks yang terseleksi terdiri dari dua paragraf yang spasinya
menggunakan tab, maka hasilnya terdapat dua kolom ke samping dan dua baris ke
bawah.
v Excel
Spreadsheet digunakan untuk menyisipkan tabel dengan format lembar
kerja Excel. dengan fitur ini user dapat memasukkan rumus fungsi layaknya di
lembar kerja Excel. Jadi, user dapat menghadirkan spesifikasi Excel biarpun
sebenarnya sedang bekerja di aplikasi word processor.
v Quick
Tables… berfungsi untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang
tersedia di MS. Word 2010 ini. User dipersilahkan untuk memilih jenis dan tema
tabel yang diinginkan. Dalam menu tersebut user dapat memilih desain kalender
dll. sesuai bentuk yang tersedia.
Fungsi Icon di Group Illustrations
Picture
|
digunakan untuk menyisipkan gambar
yang tersimpan di komputer
|
Clip Art
|
untuk
menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
|
Shapes
|
digunakan
untuk menyisipkan objek gambar autoshape
|
SmartArt
|
digunakan
untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
|
Chart
|
digunakan
untuk menyisipkan diagram
|
v Picture merupakan perintah yang
digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komuter atau di media
removable lainnya. Dengan ini user dapat menyisipkan gambar atau foto. Saat
user menggunakan perintah ini, user akan masuk ke jendela penjelajahan file untuk
mengakses gambar di lokasi tertentu yang ingin disisipkan ke lembar dokumen.
v Clip
Art digunakan untuk menyisipkan gambar-gambar clip untuk tujuan
ilustrasi yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam dokumen. Di samping
itu, gambar Clip Art dapat berfungsi sebagai elemen pemanis dari dokumen yang
tergarap, tentunya sesuai dengan yang tersedia di library program. Namun
demikian user dapat mengunduhnya dari situs resmi Microsoft Corporation.
v Shapes
digunakan untuk menyisipkan objek geometris yang telah memiliki bentuk, seperti
segitiga, lingkaran, bintang, segi empat, dll. Bisa dibayangkan, betapa
sulitnya membuat gambar lingkaran dengan mengandalkan garis yang dibuat secara
manual. Namun fakta berkata sebaliknya karena adanya fasilitas Shape ini. User
dapat membuat objek lingkaran yang ideal dengan cukup menyisipkannya melalui
Shape tersebut.
v SmartArt
merupakan fitur jelmaan Organization Chart di Word 2003 yang kini diamputasi di
MS Word 2007 ini. Tak sekedar berubah nama. Siluman fitur 2003 ini memang sarat
dengan objek inovatif dengan sosok tiga dimensi sebagai andalan. SmartArt
berisi fitur untuk membuat gambar terstruktur yang lebih bersifat ilustratif.
User bisa membuat ilustrasi jenis-jenis binatang melalui fasilitas ini.
Fungsi Icon di Group Links
KATA KUNCI BAHASAN
|
Hyperlink
|
digunakan untuk menautkan teks /
objek terpilih dengan file lain
|
Bookmark
|
digunakan
membuat penanda buku
|
Cross-Reference
|
digunakan
untuk membuat referensi antar file
|
v Hyperlink
digunakan untuk menghubungkan teks atau teks terpilih dengan file lain. Bahkan,
user bisa menautkan teks terpilih dengan bagian tertentu di situs web.
v Bookmark
digunakan untuk membuat penanda buku atau sebagai halaman favorit. Disini user
diminta untuk melakukan setting terhadap file yang ingin dijadikan sebagai
penanda buku atau halaman favorit dari teks atau objek terpilih.
v Cross-reference
digunakan untuk membuat referensi atau rujukan antar file. Dengan fasilitas ini
user dapat membuat rujukan ke footnote atau endnote tertentu di suatu halaman.
Fungsi Icon di Group Header & Footer
KATA KUNCI
BAHASAN
|
Header
|
digunakan untuk mengatur kepala
halaman suatu file
|
Footer
|
digunakan
untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
|
Page Number
|
digunakan
untuk melakukan setting terhadap homor halaman
|
v Header
digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu
dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header
tersebut, user dapat memberikan serta mengatur format header. Disitu terdapat
beberapa format Header yang sudah built-in. User dapat memilih salah satunya
yang sesuai.
v Footer
digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di
bagian footer berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti
halnya header, Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user
tinggal memilih serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan
Footer adalah: jika user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka
Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.
Fungsi Icon di Group Text
KATA KUNCI BAHASAN
|
Text Box
|
digunakan untuk menyisipkan kotak
yang dapat diisi dengan teks
|
Quick Parts
|
digunakan
untuk mengatur teks otomatis dll
|
WordArt
|
digunakan
untuk menyisipkan teks bergaya artistik
|
Drop Cap
|
digunakan
untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
|
Signature Line
|
digunakan
untuk menyisipkan tanda tangan digital
|
Date & Time
|
digunakan
untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
|
Object
|
digunakan
untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
|
v Text
Box berfungsi untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang
tersedia di menu tersebut. dengan ini user tidak perlu menyisipkan objek Shape
yang kemudian di-Add text. Disini user juga bisa melakukan setting seperlunya
terhadap Text Box yang telah disisipkan.
v Quick
Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain :
(1) Autotext digunakan untuk mengatur teks otomatis, (2) Document Property
untuk mengatur atribut dokumen [titel, tag, dll] (3) Field digunakan untuk
menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis
sebagaimana di Access dan di Excel] (4) Building Blocks Organizer digunakan
untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts (5) Save Selection to Quick Parts
Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick
parts Gallery.
v WordArt
digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user
bisa menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya. User
akan diminta untuk memilih salah satu jenis Wordart, kemudian mengetikkan teks
setelah terdapat perintah “Your Text here” dan dengan satu langkah lagi user
sudah membuat teks dengan gaya dan efek yang fantastik.
v Drop
Cap digunakan untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar
di awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi user disuguhi menu pilihan untuk
mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.
v Signature
Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan
khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
v Date
& Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user
tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya
untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini
untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
v Object
digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram
sehingga dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari
perintah ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked
Embedded.
Fungsi Icon di Group Symbols
v Equation:
digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang
matematika.
v Symbol: digunakan
untuk menyisipkan karakter khusus.
FUNGSI ICON PADA TAB PAGE LAYOUT
|
Icon Perintah di
Group Themes
KATA
KUNCI
|
Themes
|
digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna
halaman berikut warna hurufnya.
|
Color
|
digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
|
Fonts
|
digunakan
untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
|
Effect
|
digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang
terdapat di halaman dokumen.
|
Menu Themes
menyediakan sejumlah bentuk tema halaman secara praktis. Dengan fitur ini user
dapat dengan mudah membuat dokumen artistik tanpa harus profesional di bidang
setting layout. Semuanya dilakukan dengan praktis dan efisien. Bisa dibayangkan
bahwa melakukan setting halaman merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Anda
perlu mengamati mana judul, mana subjudul, dan mana paragraf, kemudian harus
mengklasifikasikan semuanya dari segi jenis huruf, ukurannya, bahkan warnanya
supaya menjadi sebuah pembukuan yang tampil dengan sosok artistik. Namun fakta
berbicara lain setelah Microsoft Corporation merekrut fitur yang satu ini ke
dalam produk aplikasi perkantorannya tersebut. Semua hal yang sejatinya hanya
mungkin dilakukan oleh layouter profesional, kini dapat dengan mudah dilakukan
oleh orang yang tidak berlatarbelakang perbukuan. Di bagian ini pula user
tinggal memilih salah satu tema yang diinginkan, maka program berjalan secara
otomatis membantu Anda melakukan setting layout, bagian per bagian, bahkan
halaman per halaman. user hanya perlu berkonsentrasi ke layar monitor dan
naskah yang diketiknya.
Sedangkan
menu Colors berfungsi untuk memilih warna tema dengan urutan
warna secara hierarkis. Pun juga, user dapat men-custom sendiri warna tema
tertentu melalui menu ini. Berbeda dengan menu Themes, menu Colors hanya
memungkinkan user untuk memilih jenis warna tema saja. Sementara di menu Themes
adalah berisi pilihan yang mengatur jenis, warna, dan bentuk huruf; bentuk dan
warna tabel; dan warna dasar dapat pula diatur dari menu ini.
Menu Fonts
secara spesifik digunakan untuk memilih tema huruf. User disediakan jatah tema
huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen. Di samping itu, menu ini juga
tidak lupa memberikan peluang bagi user penganut perfeksionisme untuk mengutak-atik
sendiri tema huruf yang diinginkan.
Menu Effects
bergerak khusus di bidang pemberian tema efek terhadap objek geometris di
halaman dokumen. Dengan ini user dapat memilih tema efek dengan nuansa warna
yang telah dipilih di menu Colors. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa
untuk membuat sebuah booklet yang aduhai tidak melulu terletak dalam aspek ide
yang tertuang dalam tulisan tersebut. Justru seorang layouter perlu mendandani
setiap objek di setiap halaman dengan efek yang sedap dipandang mata. Namun
tampaknya falsafah MS. Word tak cukup sampai disitu. Susunan dan urutan warna
bahkan juga diorientasikan untuk menjelaskan sebuah hierarkis. Di menu Effects
ini user akan menemukan hal-hal tersebut, namun user juga diberi peluang untuk
melakukan kustomisasi dalam bidang yang satu ini.
Icon Perintah di
Group Page Setup
Menu-menu
yang terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan
halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom
teks, dll. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan user, terutama
untuk melakukan sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan
nantinya. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : (1)
Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line
Numbers, dan (7) Hypenation.
KATA KUNCI
|
Margins
|
digunakan untuk mengatur batas teks
di halaman dokumen.
|
Orientation
|
digunakan
untuk mengatur posisi kertas.
|
Size
|
digunakan
untuk mengatur ukuran halaman.
|
Columns
|
digunakan
untuk mengatur jumlah kolom teks.
|
Breaks
|
digunakan
untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
|
Line Numbers
|
digunakan
untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
|
Hypenation
|
digunakan
untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.
|
Menu Margins
digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen. Dengan menu ini user
dapat mengatur sendiri ukuran batas teks sebelah kanan, kiri, atas, dan bagian
bawah halaman. Di menu ini user telah disediakan bentuk margin bentuk standar.
Namun user tetap berpeluang untuk melakukan kustomisasi terhadap file dokumen
garapannya.
Sedangkan
menu Orientations digunakan untuk mengatur posisi kertas
sesuai keinginan pengguna. Disini hanya terdapat dua pilihan, yaitu potrait
untuk posisi kertas tegak dan landscape untuk posisi kertas datar.
Menu Size
digunakan untuk mengatur ukuran halaman dalam rangka adaptasi dengan kertas
yang nantinya akan dijadikan media cetak. Di menu ini user telah disediakan
beberapa ukuran kertas standar namun ia tetap berkesempatan untuk mengkustomisasi
ukuran sesuai dengan keinginan.
Menu Columns
digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks pada dokumen yang tengah digarap.
Dengan menu ini user dapat menjadikannya dua kolom, tiga kolom, dll. Di bagian
ini MS. Word juga memberikan satu peluang bagi user untuk melakukan kustomisasi
terhadap kolom teks dari dokumen yang digarap.
Menu Breaks
digunakan untuk memisahkan halaman, kolom teks, dll. Menu ini sejatinya sudah
punya lokasi di ribbon Insert namun masih juga pesan tempat di ribbon Page
Layout ini. Rupanya MS. Word punya setumpuk alasan mengapa menu ini muncul dua
kali di tempat yang berbeda. di ribbon Insert icon ini berupa perintah langsung
untuk memisahkan suatu halaman. Namun di ribbon Page Layout, icon ini justru
berupa menu pilihan. Di dalamnya terdapat beberapa perintah yang mendukung
untuk memisahkan halaman, memisahkan kolom teks, bahkan untuk mengakhiri seksi
tulisan. Selain itu, juga menyediakan fasilitas untuk men-sett nomor halaman,
juga berisi perintah untuk melanjutkan kembali format yang telah di-break
sebelumnya.
Line Numbers
digunakan untuk pengaturan seputar nomor baris dalam dokumen. Sering user
dibuat kewalahan saat melakukan pengelompokan dua penomoran yang berbeda, namun
nomornya justru berkelanjutan dari kelompok sebelumnya. Dengan menu ini user
hanya perlu menyeleksi sekelompok baris penomoran, masuk ke menu ini dan klik
perintah Restart Numbering, maka kelompok terseleksi tadi sudah menjadi dua
kelompok penomoran yang berbeda. User juga bisa melanjutkan dari penomoran
sebelumnya meskipun sudah terpaut beberapa paragraf lain.
Sedangkan
menu Hyphenation digunakan untuk memisah suku kata secara
otomatis dengan tanda hubung saat kata kompleks (terdiri lebih dari dua suku
kata) berada di akhir baris. Kolom yang sempit dan format teks rata kanan-kiri
menyebabkan jarak antar kata kurang ideal. Apalagi didominasi kata kompleks.
Hyphenation menangani perkara ini. Ia akan melakukan idealisasi jarak antar
kata dengan cara memisah partikel kata dengan tanda hubung dan menyisipkan suku
kata setelah tanda hubung ke baris berikutnya secara otomatis, dan
menggabungkannya kembali bila area cukup luas, dalam rangka idealisasi jarak
antar kata. Seleksi teks dimaksud atau seluruh teks di dokumen, lalu manfaatkan
perintah Hyphenation ini, dan pilih Automatic. Maka Hyphenation akan bekerja sesuai
dengan job description-nya.
Icon Perintah di Group Page Background
Perintah-perintah di group Page
Background digunakan untuk mengatur latar belakang halaman file dokumen yang
sedang digarap. Ada tiga menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3)
Page Borders.
KATA
KUNCI
|
Watermark
|
digunakan
untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
|
Page
Color
|
digunakan
untuk mengatur warna latar halaman.
|
Page
Borders
|
digunakan untuk mengatur
garis tepi halaman.
|
Watermark
atau tanda air sangat berguna saat suatu dukumen akan dipublikasikan hanya
sebagai contoh dari dokumen aslinya. Agar bisa dibedakan antara dokumen
“kelinci percobaan” tersebut dengan aslinya maka user dapat membubuhi
tanda air berupa tulisan remang-remang di belakang teks. Selain itu, menu
perintah tersebut juga digunakan untuk menghilangkan tanda air yang telah
disematkan. Bahkan, disini user diberi kewenangan untuk mengkustomisasi tanda
air di latarbelakang halaman. Watermark juga berguna untuk memberikan pesan
tertentu di halaman latar.
Page
Color digunakan untuk mengatur warna latar halaman dokumen tergarap.
Disini user disuguhi sejumlah pilihan warna opsional sebagai warna latar
dokumen yang tengah diaktifkannya. Selain itu, user juga diberi peluang untuk
masuk ke opsi lanjutan bila ingin mengatur warna latar dokumen garapannya
secara lebih spesifik lagi. Jadi, dengan ini suatu dokumen menjadi lebih
berwarna, sebagaimana hidup ini yang penuh warna-warni. Cuma yang perlu dicatat
bahwa user perlu melakukan sinkronisasi antara teks dengan warna latar yang
diinginkan. Bila warna teks yang dipilih berwarna gelap, usahakan agar memilih
warna background yang agak cerah. Demikian juga sebaliknya. Jadi, antara warna
background dengan warna teks harus kontras, namun jangan terlalu norak.
Sedangkan Page
Border digunakan untuk mengatur garis tepi halaman dokumen. garis tepi
dapat berupa garis stamdar maupun dengan kustomisasi yang spesifik. Ini
diperlukan, terutama saat menggarap brosur, piagam, dll. Saat user mengklik
perintah Page Border tersebut maka ia akan masuk ke dialog box yang berisi
pengaturan seputar border halaman.
Icon Perintah di Group Paragraph
Menu perintah
di Group Paragraph ini secara umum digunakan untuk pengaturan seputar paragraf
teks. Sedangkan perintah-perintah yang terdapat di group ini: (1) Indent, dan
(2) Spacing.
KATA KUNCI
|
Indent
|
digunakan
untuk mengatur batas teks;
|
Spacing
|
digunakan
untuk mengatur jarak antar paragraf.
|
Indent
Indent
digunakan untuk mengatur batas teks sebelah kanan dan batas teks sebelah kiri.
Disini user disuguhi 2 kotak, yakni Left dan Right. User pasti tahu bahwa Left
digunakan untuk mengatur batas kiri paragraf, dan Right digunakan untuk
mengatur batas kanan paragraf. Sebenarnya User bisa melakukannya di opsi
Margins yang beralamat di group page Setup. Namun tak jarang di tengah garapan
suatu dokumen perlu mengatur Indent kanan atau kiri. Contoh, kalimat kutipan
panjang perlu Indent lebih dalam dibanding paragraf lainnya. Bila dalam hal ini
user mengaturnya di Margins, maka paragraf lain juga berubah posisinya. Dengan
perintah Indent di group Paragraph ini user dapat mengatur secara spesifik
paragraf terpilih apagr indent-nya berbeda dengan paragraf standar lainnya
bawaan pengaturan margins.
Spacing
Menu Spacing
digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf, baik dengan paragraf sebelumnya
(Before) maupun dengan paragraf sesudahnya (After). User dapat mengatur jarak
paragraf dengan meng-klik panah ke atas dan panah ke bawah di sebelah kanan
kotak Before atau After. Namun demikian, user dapat memberikan pengaturan
lanjutan dari paragraf ini dengan meng-klik panah di sudut kanan-bawah group
Paragraph ini.
Icon Perintah di Group Arrange
Secara umum,
perintah-perintah di group ini digunakan untuk mengatur: (a ) posisi objek di
antara teks, (2) posisi objek dengan objek lainnya, (3) mengatur aliansi objek
di halaman dokumen.
KATA KUNCI
|
Position
|
digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
|
Wrap text
|
digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan
paragraf teks
|
Bring Forward
|
digunakan
untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
|
Send Backward
|
digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek
lainnya
|
Selection Pane
|
menampilkan
panel navigasi objek
|
Align
|
digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
|
Group
|
digunakan
untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
|
Rotate
|
digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih
|
Position
Position
digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman. Disini user
disuguhi opsi yang instan, dimana user hanya perlu menyeleksi objek, masuk ke
menu ini, dan pilih posisi objek yang diinginkan. Dengan ini user dapat
langsung menempatkan objek di tengah halaman, di tepi kanan atau kiri halaman,
dll. Disini user diberi peluang untuk masuk ke pengaturan spesifik dalam hal
ini.
Wrap Text
Berbeda
dengan perintah Position, Wrap Text digunakan untuk mengatur
posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks. Dengan perintah ini user
memungkinkan untuk mengatur posisi teks di depan objek, di belakang objek, di
penjuru objek, di atas-bawah objek, dll. Bila user menyisipkan gambar
ilustratif di paragraf terpilih, maka secara default posisi objek akan sejajar dengan
baris teks. Bila diabaikan, hal yang lucu pun terjadi. Disini antara objek dan
teks seakan-akan gajah dan semut berjalan beriringan dan tentunya si gambar
akan boros tempat dan ruang. Disini user dapat memposisikan teks berada di
segala penjuru objek sehingga terkesan rapi dan estetik. Malahan dengan
perintah ini user dapat mengatur sendiri suatu Wrap Point (dengan edit Wrap
Point) sehingga memungkinkan agar tulisan mengikuti lekuk tubuh yang aduhai.
Bring Forward
Berbeda
dengan Wrap Text, Bring Forward digunakan untuk untuk
memposisikan suatu objek dengan objek lainnya saja. Secara default, objek yang
datang lebih akhir akan beridiri di depan objek sebelumnya. Pasalnya, bagaimana
bila user ingin memindahkan objek ke depan objek lainnya? Tentu saja icon Bring
Forward membantu perkara ini. Aktifkan objek dimaksud, lalu klik icon Bring
Forward ini.
Send Backward
Send Backward
bekerja secara kontradiktif dengan Bring Forward. Icon Send Backward digunakan
untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya. Disini cara
penggunannya pun sama dengan Bring Forward. Seleksi objek dimaksud, kemudian
klik icon perintah Send Backward ini, maka objek terpilih akan berada di
belakang objek lainnya.
Selection Pane
User yang
akrab dengan aplikasi grafis bernama lengkap Adobe Photoshop (PS & son, he
he he) tentu tidak asing lagi dengan icon perintah yang satu ini. Meskipun
berbeda nama, tapi fungsinya mirip dengan aplikasi berbasis bitmap tersebut.
Bahasa inggrisnya, bila di halaman dokumen terdapat sejumlah objek yang
berjejal, tentu user merasa kewalahan untuk mengaktifkan serta mengelola objek
yang diinginkan. Perintah Selection Pane memang dipermak demi
menjawab kegalauan ini, Aktifkan icon Selection pane, akan muncul panel seleksi
di kanan jendela. Dengan panel ini user hanya perlu meg-klik icon gambar
tertentu di dalam Selection pane, dan setiap icon merujuk terhadap objek
tertentu di halaman dokumen. Sehingga pekerjaan mengolah objek menjadi semakin
mudah dan gampang, segampang user memilih objek di panel History dalam Adobe
Photoshop.
Align
Perintah Align
digunakan untuk mengatur posisi objek lepas. perintah ini tidak akan aktif bila
objek terpilih berada di Wraping “In Line With Text”. User dapat mengatur
posisi objek terpilih sehingga berada di tengah halaman, di bagian tepi, maupun
di bagian lainnya sesuai keinginan. Disini juga disuguhi opsi lanjtan bagi user
yang ingin melakukan property lanjutan dari suatu objek yang dipilihnya.
Group
Perintah Group
digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup. Bila beberapa
objek akan dikelola dengan pengaturan yang sama tentu akan lebih efisien bila
user memanfaatkan fasilitas ini. Sebagai ilustrasi, ada 2 ribu objek yang akan
dikelola seara bersamaan. Bila disini user menggunakan cara konvensional,
mungkin butuh 6 jam untuk memindahkan, memberi warna satu per satu. Dengan
perintah Group, user cukup memilih semua objek dimaksud,
meng-klik perintah group, dan sejanjutnya kelompok objek dapat diaktifkan hanya
dengan sekali klik saja, maka objek dalam satu grup akan aktif semuanya.
Rotate
Rotate
digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih. Bila dalam suatu
kasus, user ingin membuat gambar simetri lipat dari suatu bangun, buat suatu
bangun datar, tekan Ctrl+D, kemudian klik
perintah Rotate > Flip Horizontal.
Sekarang user sudah membuat simetri lipat dengan segmen yang benar-benar
sebangun
FUNGSI ICON PADA TAB REFERENCES
|
Icon
perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk
properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan.
Sebuah perbukuan yang bahenol perlu dilengkapi dengan atribut referensi yang
lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya semakin gagah perkasa. Tampaknya
tab Reference ini juga kompatibel bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang
cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi (dan saudara-saudaranya). Bagi
teman-teman yang merasa calon sarjana mungkin perlu mengakrabkan diri dengan
tab Reference ini sebagai persiapan menyambut tugas akhir yang sangat dituntut
untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.
Tab References terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of Authorities.
Icon Perintah pada Group Table of Contens
Icon perintah yang terdapat pada
group Table of Contens terdiri dari 3 icon: Table
of Contens, Add Text, dan Update
Table. Menu
Table of Contens
digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menysipkan
daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yang
dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara otomatis dari
file dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya Anda perlu
memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah dikerjakan.
Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau subjudul
sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Anda dengan
leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan.
Perintah Add Text digunakan
untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar
isi yang sudah dibuat. tentu Anda tahu bahwa mesin otomatis tidak selamanya
dapat menjalankan tugas spesifik yang sangat detail. Sehingga perlu adanya opsi
yang memungkinkan user untuk melakukan customisasi bila nantinya ternyata tidak
sesuai dengan yang diharapkan. Tak jarang, di tengah penulisan, akan membaca
sebuah alinea biasa sebagai judul. Di kasus lain, Anda mungkin menghendaki
sebuah judul untuk dimasukkan ke level 2 (subjudul) namun sistem justru
menjadikannya sebagai judul (level 1). Sehingga langkah kustomisasi tampaknya
perlu dilakukan agar hasil pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Disinilah
fungsi sebenarnya dari perintah ini. Bila diklik, menu ini akan memunculkan
pulldown yang terdiri dari beberapa opsi pendukung sisipan tersebut. Anda bisa
memilih, apakah mau disisipkan sebagai judul (level 1), atau subjudul (level
2), dll.
Sedangkan perintah Update Table
digunakan untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen,
misalnya saat Anda menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis
mempengaruhi status daftar isi. Update Table berfungsi untuk sinkronisasi
antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.
Icon Perintah pada Group Footnotes
Umumnya, semua icon perintah yang
terdapat di group Footnotes
ini pengelolaan referensi tulisan. Group ini memiliki flyout di bagian
kanan-bawahnya yang berisi properti lebih detail seputar referensi dokumen.
Group ini terdiri dari 4 icon perintah:
(1) Insert Footnote, (2) Insert Endnote, (3) Next Footnote, dan (4) Show Notes.
v Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan
kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer). Suatu istilah
kadang merasa perlu untuk dijelaskan lebih detail untuk memunculkan pemahaman
yang konkrit, namun tidak mungkin dijelasakan dalam paragraf bahasan. Bila
dipaksa akan memutus alur bahasan itu sendiri. Sebagai alternatif, Anda
menyisipkan catatan kaki untuk menjelaskan lebih detail tentang istilah yang
dipakai. Aktifkan kursor di sebelah kanan kata yang dimaksud, lalu klik icon
ini, maka sistem akan membawa kursor ke bagian bawah halaman dan mempersilahkan
Anda menulis catatan kaki. Berbeda
dengan Footnote, Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab.
Namun demikian, cara penggunaannya sama, bila perintah Endnote diklik, sistem
akan membawa Anda pada akhir bab dan mempersihakan Anda untuk menuliskan
catatan mengenai kata tertentu sesuai yang ditunjuk oleh kursor.
v Sedangkan Next Footnote
berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini memiliki down arrow. Bila diklik,
akan muncul flyout yang berisi menu seputar pemantauan footnote dan end note
yang terdapat di seluruh file dokumen aktif.
v Icon Show Notes digunakan untuk memperlihatkan
lokasi catatan, baik footnote maupun endnote. Bila Anda mengaktifkan perintah
ini, maka sitem akan menampilkan letak catatan dari halaman dokumen yang sedang
aktif. Untuk menonaktifkan tampilan tersebut, klik sekali lagi icon perintah Show
Notes tersebut.
Icon Perintah pada Group Citation & Bibliography
Icon perintah yang terdapat di group Citation & Bibliography
digunakan untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka. Group ini sangat
membantu dalam pengelolaan daftar kutipan dan daftar pustaka yang sering
membingungkan kita saat menggarap tulisan kompleks. Saat kita berusaha jujur
dalam kutipan daftar pustaka dari buku yang dikutip, malah kita dibuat bingung.
“ini ngambil dari buku mana, waduh saya lupa.” (he he he).
Di kasus lain, seorang penulis masih
perlu mencatat di buku khusus, namun nasib baik lagi tidak memihak, buku yang
tersimpan rapi, ternyata dibawa main sama anak keduanya (hehehe.. nasib,
nasib). Agar kasus ini terantisipasi, dan Anda tidak perlu lagi selingkuh
dengan buku catatan tradisional, group Citation & Bibliography membantu
Anda dalam pengelolaan ini. Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Citation, (2) Manage
Source (3) Style, dan (4)
Bibliography.
v Insert Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan
langsung pada daerah kursor aktif. Dengan icon ini, Anda tidak melakukan
pemformatan secara tradisional. Tentukan letak kursor, klik icon ini, Anda akan
dihadapkan pada sejumlah opsi untuk keperluan menyisipkan kutipan.
v Sedangkan icon Manage Sources
digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan
di semua segmen file dokumen. Klik icon ini, Anda akan dibawa untuk
berkonsentrasi dengan pengaturan semua sumber kutipan yang disisipkan tersebut. Menu Style berfungsi untuk memilih bentuk
bibliography yang diinginkan. Anda tidak perlu membuat sendiri bentuk daftar
pustaka yang mungkin kita belum memahaminya. Pilih format daftar pustaka disini
dan rasakan kemudahan dalam memilih format daftar pustaka yang resmi.
Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan kutipan langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar tidak perlu lagi mencatat di buku tradisional.
Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan kutipan langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar tidak perlu lagi mencatat di buku tradisional.
Icon Perintah pada Group Captions
v Group Captions secara umum digunakan untuk
menyisipkan keterangan mengenai gambar atau ilustrasi yang terdapat dalam
dokumen. terdiri dari 4 icon perintah: (1)
Insert Caption, (2) Insert Table of Figures, (3) Update Table, dan (4) Cross-reference.
v Insert Caption digunakan untuk membubuhkan
keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan. Memang kita
akui bahwa gambar cukup membantu memperjelas suatu bahasan. Namun gambar
tersebut juga perlu diarahkan dengan sedikit keterangan seputar gambar
tersebut. Bila tidak, mungkin ada sedikit pergeseran pemahaman tentang gambar
ilustrasi tersebut. Bila dalam ilustrasi terapat cewek cantik, mungkin pembaca
justru terpaku dengan wajah cewek itu (termasuk saya, heheh). Mungkin tidak
demikian bila kita membubuhkan keterangan mengenai gambar itu.
v Sedangkan icon Insert Table of Figures
digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen.
Umumnya dalam perbukuan merasa perlu untuk melakukan katalog mengenai
gambar-gambar yang terdapat di buku, untuk memudahkan pembaca dalam menavigasi
seluruh gambar yang ada di sebuah buku. Icon Insert Table of Figures digunakan
untuk melakukan urusan tersebut. Sehingga dengan mudah dapat membuat katalog
gambar deskripsi di sebuah buku.
v Icon Update Table digunakan untuk melakukan
pembaruan terhadap daftar katalog gambar. Perubahan di segmen gambar tidak
serta-merta langsung mengubah katalog yang sudah dimasukkan sebelumnya. Misal,
kita menambah atau menghaps suatu gambar ilustrasi. Kasus lain, nomor katalog
gambar mungkin amburadul saat menyisipkan gambar baru diantara gambar lainnya.
Dengan icon Update Table tersebut, sistem akan mengurutkan nomor katalog gambar
tersebut.
Icon
perintah Cross-reference
berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. Tak jarang pengulangan istilah di
halaman lain juga perlu dijelaskan kembali di catatan kaki. Namun bagaimana
bila hal itu harus diulang 100 kali? Disinilah fungsi sebenarnya dari icon
Cross-reference tersebut. Anda bisa merujukkannya ke footnote atau endnote di
halaman lainnya.
Icon Perintah pada
Group Index
v Group Index secara umum berfungsi untuk
pengelolaan daftar kata yang dibahas di buku. Group ini terdiri dari 3 icon
perintah: (1) Mark Entry,
(2) Insert Index, dan (3)
Update Index.
v Mark Entry digunakan untuk menandai masukan
baru dalam dokumen. Saat mengedit tulisan mungkin dihadapkan pada situasi
dimana Anda merasa perlu membedakan antara kata masukan yang baru dengan yang
lama. Icon perintah Mark Entry akan membantu Anda dalam pengelolaan seputar
masukan baru dalam sebuah dokumen. Dengan icon ini, entri kata yang baru akan
ditandai dengan warna tertentu sehingga dengan mudah Anda bisa membedakan
antara masukan kata yang sebelumnya dengan entri kata yang terbaru.
v Sedangkan icon Insert index
digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen. Indeks menggambarkan
kata atau istilah yang dibahas di dalam tulisan Anda. Dengan indeks, pembaca
akan memiliki navigasi untuk mengenal sepintas tentang perbendaharaan sebuah
buku. Icon Index membantu Anda dalam pengelolaan indeks di dokumen garapan
Anda. Update Index
digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini. Saat Anda menambahkan
kalimat baru di suatu bahasan, mungkin akan menggeser halaman yang sebelumnya
sudah terdaftar dalam indeks sehingga daftar nomor halaman yang sudah terindeks
tidak akurat lagi dengan kondisi terbaru dari dokumen Anda. Gunakan icon update
Index tersebut untuk memperbarui daftar di indeks sesuai dengan kondisi terkini
di dokumen Anda.
FUNGSI ICON PADA TAB MAILINGS
|
Envelopes • Untuk membungkus kertas atau s
Create • Untuk menulis surat
Labels • Untuk memberikan label dalam
penulisan surat
Start Mail Marge • Untuk pemilihan bentuk surat yang
harus di tulis
Select Recipients • Untuk
memilih tipe-tipe surat surat yang akan diterima
Edit Recipients List • Untuk
mengedit surat yang akan diterima orang atau yang akan di kirim
Highlight Merge Fields • Untuk menggabungkan surat yang
diterima dan yang dikirim
Address Block • Untuk
pemilihan alamat surat
Insert Marge Fields • Untuk
menyisipkan dan menggabungkan surat
Write & Insert Fields • Untuk
menyisipkan dan menulis surat
Rules • Untuk memberikan garis dalam surat
Match Fields • Membandingkan surat
Update Labels • Untuk memperbaharui label surat
Preview Results • Untuk melihat atau mengulah surat yang sudah selesai dibuat
Find Recipient • Untuk
mendapatkan atau memeskan orang yang menerima surat
Auto Check for Errors • Untuk ngecek
apa ada kesalahan dalam surat kita
Finish & Merge • Untuk
menyelesaikan dan menggabungkan
Finish • Untuk menyelesaikan surat
FUNGSI ICON PADA TAB REVIEW
|
Spelling & Grammar • Menjalankan pemeriksaan ejaan dan
tata bahasa dari teks atau paragraf dalam sebuah dokumen
Proofing • Untuk percetakan percobaan
Word Count • Memberikan data statistik tentang
jumlah halaman, kata, karaktek,
paragraf, dan baris yang
terdapat dalam dokumen aktif
Thesaurus • Untuk mengecek ulang pembendaharaan
Research • Untuk mengetahui data pengulangan
Translate • Untuk menterjemahkan atau
mentranslit data
Language • menjalankan fasilitas penerjemah
bahasa
New Comment • Untuk membuka lembar baru pada
menyisipkan komentar
Comment • Untuk menyisipkan komentar
Next • Untuk melanjutkan kerja
Delete • Untuk menghapus data
Previous • Untuk melihat ulang data yang lebih
dahulu
Track Changes • Menandai teks yang baru diubah
sisinya
Final: Show Markup • Untuk menampilkan tanda finising
atau selesai
Show Markup • Untuk menampilkan tanda atau
menandai tampilan
Reviewing Pane • Untuk mengecek ulang tulisan
Tracking • Untuk mengulang hal yang lebih
cepat
Accept • Untuk mengulang atau mengecek sapa
yang menerima
Reject • Untuk mengulang atau melihat data
apa yang telah di buang
Changes • Untuk mengecek data yang telah
menukar atau mengubah
Previous • Untuk melihat ulang data yang lebih
dahulu
Next • Untu melanjutkan ke hal yang
berikutnya
Compare • Untuk mengecek perbandingan atau
untuk membandingkan data
Block Authors • Untu pengulangan sapa yang
Pemilihan penulis buku
Protect • Untuk melindungi data
Restrict Editing • Untuk mengedit lah yang terbatas
FUNGSI ICON PADA TAB VIEW
|
Print Layout • Mengubah tampilan layar pengetikan
ke bentuk print view
Full Screen Reading • Menampilkan dokumen dalam satu
layar penuh
Web Layout • Mengubah tampilan layar dalam
bentuk web view
Document Views • Menampilkan dokumen dengan disertai
peta gambar
Outline • Mengubah tampilan layar ke bentuk
outline view
Draft • Untuk menulis surat perintah
Ruler • Menampilkan dan menyembunyikan
mistar/garis pengatur
Gridlines • Untuk menampilkan tanda garis pada
lembar kerja
Navigation Pane • Untuk mengetahui atau menjelajahi
dunia tulisan
Show • Untuk menampilkan simbol paragraph
Zoom • Menentukan ukuran tampilan lembar
kerja pada layar
One Page • Untuk membuka satu halaman
Two Page • Untuk membuka dua halaman
Page Width • Untuk mengetahui ukuran halaman
New Window • Untuk membuka candela baru
Arrange All • Mengatur letak dan bentuk jendela
dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif
dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
Split • membagi dokumen aktif menjadi dua
bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu
bersamaan
View Side by Side • Untuk melihat data yang telah
disembunyikan
Synchronous Scrolling• Untuk
mengatur jarak antar baris
Switch Windows • Untuk membuat beberapa jendela
Macros • Untuk membuat tulisan jadi tiga
kolom pada satu halaman
ADD-INS
Al-Quran • Untuk memulis kata al-quran dalam
berbagai bahasa
commands • Menyisipkan komentar
DESIGN
Hearder Row • Untuk membuat judul baris
Total Row • Untuk membuat total baris
Table Style Options • Untuk membuat jeneral model tabel
First Column • Membuat kolom yang pertama
Last Column • Untuk membuat kolom yang terakhir
Table Styles • Untuk membuat model tabel
Shading • Untuk memberikan warna pada tulisan
Borders • Untuk memberikan tebal tipis pada tabel
Pen Color • Untuk menulis polpen warna
Drow Borders • Untuk menciptakan garis pada tabel
Drow Table • Untuk menciptakan tabel
Eraser • Untuk menghapus data
LAYOUT
Select • Menandai tabel, baris, sel, dan
kolom
View Gridlines • Untuk melihat garis bantu
Properties • Menampilkan kotak dialog Table
Propertise
Table • Untuk membuat tabel
Delete • Menghapus
tabel, baris, sel, dan kolom
Insert Above • Untuk mengatur tulisan di atas atau
di bawah
Rows & Columns • Untuk membuat baris dan kolom
Insert Below • Menyisipkan tabel, baris, sel, dan
kolom bawah
Insert Left • Menyisipkan tabel, baris, sel, dan
kolom kiri
Insert Right • Menyisipkan tabel, baris, sel, dan
kolom kanan
Merge Cells • Menggabungkan beberapa sel menjadi
satu sel
Split Cells • Memecah sel menjadi beberapa sel
Split Table • Memecah tabel menjadi beberapa
tabel
Merge • Untuk mengatur berbagai jenis bentuk
tabel
AutoFit • Menentukan penyesuaian judul,
Windows, kolom secara otomatis
Cell Size • Untuk memberikan aturan halaman
Text Direction • Untuk menyisipkan gambr tau tulisan
besar yang ada pada pojo sebelah kiri atas
Alignment • Untuk mengatur tulisan pada
tabel(rata tengah, kanan, kiri, kanan n kiri, dan lain-lain)
Cell Margins • Untuk mengatur baris dan kolom atau
mengatur tabel
Sort • Mengurutkan data atau teks
Repeat Header Rows • Untuk mengulang baris judul
Convert to Text • Untuk memindahkan teks ke tempat
yang lain
Formula • Menggunakan rumus dan fungsi yang
disediakan Ms. Word
Data • Kumpulan dari beberapa formula
DAFTAR PUSTAKA
http://sulpa.wordpress.com/2011/08/12/ms-word-2007-fungsi-icon-pada-tab-page-layout/
http://www.learningcomputer.com/microsoft-word-tutorial/word-2010.html
http://imegawan.wordpress.com/2009/06/21/fungsi-ms-word/
(05 februari 2012;724)
http://nadyaaydan.wordpress.com/2011/04/18/fungsi-icon-icon-pada-ribbon-insert-ms-word-2007/
(05 februari 2012;7:29)
http://www.learningcomputer.com/ms_word/insert_tab.html
(06 feb 2012)
Thank Bro,
BalasHapusTerima kasih infonya.Tanks
sama2 boy, semoga bermanfaat
Hapusassalamu'alaikum kak izin copy ya
BalasHapus