Kamis, 21 Juni 2012

MUSIM BADAI

Pada tanggal 30 Mei 2012, para ilmuwan COAPS merilis keempat tahunan mereka Atlantik perkiraan musim badai.
Perkiraan tahun ini panggilan untuk probabilitas 70 persen dari 10 sampai 16 badai bernama dan 5 sampai 9 badai. Perkiraan rata-rata adalah selama 13 badai bernama, 7 angin topan, dan energi rata-rata akumulasi siklon (ACE, sebuah ukuran kekuatan dan durasi badai) dari 122. Angka-angka didasarkan pada 51 perkiraan musiman individu dilakukan sejak 25 Mei 2012 menggunakan suhu permukaan laut diprediksi oleh NOAA.
Angka perkiraan rata-rata adalah sedikit di bawah rata-rata 1995-2010 dari 14 badai bernama dan 8 angin topan, dan mencerminkan kemungkinan munculnya kondisi El Nino di Pasifik tropis dan suhu air pendingin permukaan di Atlantik Utara tropis.
Para ilmuwan menggunakan model numerik dikembangkan di atmosfer COAPS memahami prediktabilitas musiman aktivitas badai. Model ini adalah salah satu dari beberapa model numerik di dunia digunakan untuk mempelajari aktivitas badai musiman dan berbeda dengan metode statistik yang digunakan oleh peramal lainnya badai musiman. FSU adalah satu-satunya universitas di Amerika Serikat mengeluarkan perkiraan badai musiman menggunakan model atmosfer global numerik. Model ini menggunakan komputer kinerja tinggi di FSU untuk membuat prediksi dari atmosfer enam bulan ke depan. Berdasarkan prediksi tersebut atmosfer, aktivitas tropis ditentukan secara objektif dan perkiraan yang dikeluarkan sekitar bulan Juni 1.
Perkiraan COAPS sudah mendapatkan pengakuan atas keakuratan hanya tiga tahun setelah peluncuran. Perkiraan 2009 diperkirakan 8 badai bernama dan 4 angin topan, dan ada akhirnya menjadi 9 badai bernama badai dan 3 tahun itu. Perkiraan 2010 diperkirakan 17 badai bernama dan 10 angin topan, dan sebenarnya ada 19 badai bernama dan 12 badai. Perkiraan 2011 diperkirakan rata-rata 17 badai bernama dan 9 angin topan, dan sebenarnya ada 19 badai bernama dan 7 badai. Re-perkiraan dilakukan dengan menggunakan data sejak tahun 1982 menunjukkan bahwa model memiliki kesalahan absolut rata-rata 1,9 dan 2,3 topan badai bernama. Rincian tentang perkiraan masa lalu diarsipkan di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar