Sabtu, 16 Juni 2012

TSUNAMI 11 Mar 2011

The 11 Mar 2011 M9.0 gempa menghasilkan tsunami lokal yang menghancurkan yang melanda pantai Pasifik Honshu dalam waktu sekitar 20 menit. Nasional Jepang Badan Kepolisian melaporkan 13.895 orang tewas dan 13.864 orang hilang akibat gempa dan tsunami. 141.343 warga masih tinggal di tempat penampungan evakuasi. The 2011 Tohoku Gempa Tsunami Survey Kelompok Bersama (http://www.coastal.jp/tsunami2011/) melaporkan ketinggian tsunami menerjang tertinggi di Sendai dalam kisaran 15-20 m. The 11 Mar 2011 tsunami Jepang adalah orang pertama yang menyebabkan kematian sejak Laut 1993 dari Jepang gempa berkekuatan 7,7 menyebabkan 23 kematian dan menghasilkan tsunami yang menyebabkan 208 tambahan, dan tsunami paling fatal secara global sejak tsunami Samudera Hindia tahun 2004 yang dihasilkan dari Sumatera, Indonesia yang menewaskan hampir 230.000 melintasi Samudra Hindia.
Nasional Tsunami Badan Meteorologi Jepang di pusat peringatan mengeluarkan peringatan tsunami 3 menit setelah gempa memicu proses sinyal yang segera disiarkan oleh media massa dan sirene aktif lokal dan penanggulangan mitigasi lain seperti penutupan gerbang banjir. Video langsung dari gelombang tsunami memajukan dan dampaknya terhadap struktur di pantai itu ditayangkan oleh televisi NHK Jepang dan terlihat pada saat yang sama secara global. Meskipun keunggulan Jepang berkelanjutan dan secara global-diakui dalam kesiapsiagaan tsunami, mengakibatkan banyak korban dan lagi mengingatkan kita pada kecepatan dan kekuatan destruktif dari tsunami. Gelombang tsunami overtopped dinding dan menghancurkan struktur, terutama rumah-rumah kayu. Meskipun demikian, beberapa bangunan beton bertulang tinggi dan platform evakuasi lakukan bertahan dan memungkinkan warga untuk berlindung di tempat oleh vertikal mengevakuasi. Gelombang tsunami juga menyebabkan kerusakan infrastruktur besar ke Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima, sehingga krisis reaktor inti dan emisi lokal radiasi berbahaya. Seperti tsunami sebelumnya, tenggelam adalah penyebab utama kematian, dengan korban terbesar pada orang tua.
Tsunami juga disebarkan melintasi Samudra Pasifik, dengan runups hingga 5 m dan $ 8 juta di kerusakan pada pelabuhan dan rumah di Hawaii 7 jam kemudian, sampai 3 m dan $ 20 juta kerusakan di California 12 jam kemudian, dan sampai 3 m ketinggian dan lebih dari $ 4 juta dalam kerusakan 22 jam kemudian di Chili. Di luar Jepang, 1 orang meninggal di California, Amerika Serikat, dan 1 orang meninggal di Papua, Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar